Terima Kasih , Anda telah mengunjungi blog saya.

Thank you so much to have you here.
It is about my novels, notes, comments of something, features, short stories and pictures.

Also my products, Furoshiki and Yukata (summer kimono).

Please leave your comments.... thank you
Enjoy it....



Jumat, 16 Juli 2010

Makan malam & buka bukaan



Makan malam & buka bukaan

Caption: Suasana makan malam, 26 Jan 2007, Café Bonsai, Sanur Denpasar. Lihat serbetnya deh. Orange. Menghadap camera: Binky, Tina & Lenny. Di sisi kiri, sedikit dari wajah Linda dan Luki. Sbg fotografer gue gaptek, jadi foto ini harus diganti dengan foto2 Arief or Rubby,

           


Serbet orange
Makan bersama di Jum’at malam saat tour ke Bali angkatan ’76 seru sekali. Bukan hanya karena makanan di café Bonsai nya okay tapi suasananya. Setelah makan malam bersama sewaktu kita masih kuliah, di Wisma Panca Niaga, Puncak sekian puluh tahun lalu, maka ini pertama kali kita makan malam bersama lagi.

Lokasi café ini persis di halaman Sari Sanur Bungalows tempat kita menginap. Dipinggir pantai. Disekitar halaman café banyak pot tanaman bonsai. Kita semua duduk mengelilingi meja panjang bertaplak putih dengan serbet baru warna orange. Kelihatannya ‘special’ banget di atur  oleh Denny sang pemilik café untuk menyambut kita. Semua peserta sudah hadir di meja makan.  Semua kelihatan sudah segar dan ceria, setelah istirahat sejenak di kamar masing-masing begitu sampai di bungalow.

Binky, duduk pegang serbet, Berdiri dari kiri ke kanan: Lenny, Ida, Tina, Anita da Rory. Menjelang makan malam di Bonsai Café, Sari Sanur Bungalows, Denpasar, 26 Januari 2007.


“Satu ..dua.. tiiiiga!”
Camera still atau video terus merekam moment makan malam ini. Ada Luki dan Ruby dengan handycam, Arief dan lainnya dengan camera still. Hampir semua jadi fotografer dan sekaligus jadi selebritis. Selalu terdengar suara “Camera, Action! “ atau  “Ya…ya satu…dua…tiiiga!”  Clik. Lalu lampu menyala menyinari wajah-wajah teman-teman yang bahagia bertemu lagi dengan teman semasa kuliah.
Mungkin ada yang ingin foto berdua saja, tapi nggak akan berha sil. Karena setiap ada yang pasang aksi, langsung kita nimbrung, jadilah foto bersama. Selalu begitu. Seru kan !! Lagian foto berduaan aja,  emangnya mau foto honeymoon!


Ketua angkatan ‘76

Setelah menikmati makan malam, acara inti adalah ‘diskusi’ itu menurut fotocopy acaranya Anton. Jangan dianggap serius! Intinya setelah pengantar dari mantan Ketua Angkatan kita, Mr. Junus Susilo Resowidjojo, lalu acara mem perke nalkan diri kita lagi plus menambah informasi tentang kita. Pekerjaan, keluarga dll.  Komentator Utama di pegang Junus, tapi kita yang hadir nggak kurang kreatif. Kasih komentar juga! Minimal kasih suara “Huuuu!” atau tepuk tangan dan tepuk meja.

Nah, soal mantan Ketua Angkatan ’76 kita, Pak Junus ini, tampilannya tetap sama! Brewokan dan montok. Suka ceplas ceplos aja kalo ngomong. Kita nggak pernah pecat dia kan jadi ketua? Nggak pernah kita PHK juga kan? Lalu malam itu dia dengan gembira mendeklarasikan Anton Natakoe soemah menjadi pengganti dia.


Masa jabatan Junus’77–26 Jan 2007?
Barangkali Junus udah merasa kelamaan pegang jabatan itu? Kita tunjuk dia kalo nggak salah tahun 1977 waktu bikin acara kekerabatan di Puncak, nggak pernah diturunkan hingga kita bikin tour ini. Artinya 30 tahun? Nggak salah??

Barangkali Junus sudah capek jadi ketua? Bagaimana nggak capek? Dia kan pengurus sendirian! Diantara kita ‘76ers ada yang ingat nggak rezim Junus ini punya wakil atau sekretaris?
Atau yang pernah merasa diangkat Junus jadi sekretaris dia? Nggak ada kan! Hi… hi…hi!  Makanya silahkan aja Pak kalo udah capek! Nggak ada yang protes mau serahkan ke Anton! Semua setuju kok. Lagipula Anton sudah terbukti kompeten.

Suksesi kepemimpinan berjalan mulus malam itu. Kita lihat Anton waktu itu yang berdiri di depan Junus cuma bisa pasrah aja deh. Mau apa lagi? Ini kan amanah kita semua! Kasiaaan deh lo!


Tour angkatan terbesar yang berhasil di organisir di FISIP UI

Menjelang jam sembilan Etun tiba, lalu Ita dan Uchi (angkatan ’75) kemudian Sulistiono. Titta on the way, katanya. Jadi saat makan malam sudah berjumlah 40 orang. Itu terdiri dari Junus dan Denny sebagai tuan rumah. Binky, Krishna, Luki , Lies, Erni, Arief, Lenny ,Ruby Linda, Debby, Renny dari trip pertama yang datang Kamis 25 Januari 2007. Lalu Anton, Asronald, Astari, Anita, Armeyn, Bambang KB, Nashry (Bokir), Darya, Dolly, Harry, Halim,  Ida, Iwan, Jaya,  Manenda (’74), Nurbachri, Linda W, Lubis, Rory, Thamrin, yang datang di hari Jum’at sore, 26 Januari 2007. Lalu ditambah dengan Tina, Djoko, Etun, Ita, Uchi (’75), Tita dan Sulistiono yang datang berurutan dengan mengunakan pesawat berbeda.


Bikin iri angkatan lain

Berita kita bikin tour sudah aku sebar secara sengaja di FISIP UI sejak November 2006. Staf Humas FISIP terkagum-kagum, malah minta data kita. Beberapa teman angkatan lain bengong, iri karena mereka bikin reuni di Jakarta aja susah minta ampun. Boro-boro pergi ke Bali.

Ditambah dengan obrolan Tina yang ketemu Dr. Deddy Nurhidayat (’74) di bandara Soekarno Hatta, plus Manenda yang juga turut siaran, maka gaung  dan berita angkatan ’76 bikin tour jadi hot news. Angkatan ’85 yang terkenal sangat kompak juga         tergerak.

Aku cuma bilang pada mereka begini: “Kami sudah berumur, jadi ingin melalui hari tua kami dengan gembira. Bisa tetap memiliki teman di hari tua itu suatu rahmat. Kita tak keberatan menjadi tua tapi tak ingin kesepian, tanpa teman”

Jadi teman selalu ada saat kita semakin tua. Mungkin beberapa diantara mereka akan mengantar kita ke peristirahatan terakhir. Mungkin teman kita turut menaburkan bunga atau bahkan diam-diam menghapus air matanya dengan tissue saat tanah merah menutupi peti mati kita.


Buka-bukaan!

Pada saat perkenalan lagi, banyak komentar lucu, menarik . Ini juga moment buka-bukaan! Bukan buka baju! Tapi entah karena merasa harus jujur, terbuka sama teman atau karena ditanya sama Junus secara spontan. Pertanyaan atau komentar Junus kadang membuat kita tertawa, kaget, juga mesem-mesem.

 Contohnya begini: Dia cerita dia sudah berpisah dengan isterinya, dan menikah lagi. Sekarang isteri yang ketiga. Kemudian dia tanya Linda Wahyudi “Berapa milyard Dhay rugi waktu running bisnisnya?”. Lalu komentar dia tentang perubahan fisik kita cewek-cewek. Makin seksi lah, makin gendut lah etc. Nggak ada yang marah sih. EGP (Oge, itu artinya: Emang Gue Pikirin) semua dengan komentar Junus.

Teman lain seperti Djoko P juga buka bukaan soal karir dia hingga jadi Senator…. Eh salah jadi anggota DPR mewakili Provinsi Lampung. Dia ini tetap setia berjakun! Waktu di UI pakai jaket kuning, masuk Golkar masih jaket kuning juga. Juga beberapa teman yang bercerita tentang karir mereka, anak, isteri, suami.

Nikah telat

Yang lucu, dari teman-teman cowok banyak sekali yang mengaku ‘Nikah telat’! Haah? Emang mustinya kapan kalian pada nikah?
Yang cewek malah pede abis, nggak ada satupun yang ngaku telat nikah. Contohnya di Kommas, gue, Linda, Debby semua nikah diatas usia 29 tahun.

Teman-teman cewek jurusan lain gue rasa sama. Ada-ada aja teman-teman cowok kita ini! Lagian elo cari pasangan kemana-mana sih! Yang kreatif kan Krishna dan Dodo! Mereka, sudah bina hubungan sejak awal, teman seangkatan.

Dari beberapa interview dengan mereka para Bapak2 ini, ada yang nyesel lho! Asal cuap aja deh, gue rasa! Kira-kira begini jawabannya: “Yaah kalo tahu dia jadi makin cakep pas makin tua en bisa montok, gue pacarin deh!” katanya gitu. Nggak usah dipikirin ya Ibu-Ibu! Itu omongan Bapak2 yang STW.

Ilef sakit

Kita juga teringat begitu banyak teman yang karena tugas kantornya, karena sedang di luar negeri atau sebab lain tak bisa bergabung pada tour ini. Rusellef Rustam (Ilef) misalnya sedang sakit. Karena itu, secara spontan kita mengumpulkan dana. Hasilnya lumayan sebagai tanda kasih kita. Terus langsung buat rencana berkunjung ke rumah Ilef di Cianjur pada hari Sabtu 3 Februari 2007.

Jadi meski kita ‘berhura hura di Bali, kita tetap ingat kalian, teman-teman yang tak ikut tour” Makanya aku tulis di milis ini, laporan pandangan mata. Buat Oge di Breda dan para “Dubes” yang nggak bisa tinggalin tugas. Al, Tono, Rika, Henk, Adjeng, Ongky, Dewi. Juga untuk ‘76ers lainnya. Oleh oleh dariku! Arief, Ruby, Linda, dan teman-teman lain sudah kirimin foto untuk kalian kan. Aku kasih tulisan ini saja ya.

Sekian

Depok, 31 Januari 2007

Ida S.Syahranie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar