Terima Kasih , Anda telah mengunjungi blog saya.

Thank you so much to have you here.
It is about my novels, notes, comments of something, features, short stories and pictures.

Also my products, Furoshiki and Yukata (summer kimono).

Please leave your comments.... thank you
Enjoy it....



Selasa, 28 Juni 2011

Catatan perjalanan 1; Alumni FISIP UI- TOUR lOMBOK 2010

Sabtu malam (2/10’10), setelah kembali ke hotel sehabis seharian tour , aku leyeh leyeh di kamar. Sudah segar lagi, sehabis mandi. Di saat yang sama, room mate ku Tina lagi menyerbu kamar Fitje! Senjatanya : dompet! Dia bersama Titta, Rosmala dan teman2 lain nya, aku nggak jelas juga, sedang berusaha mengumpulkan oleh2. Ada pedagang mutiara yg datang! Mereka bukan nya belum ada oleh2 buat orang tercinta di Jakarta. Cuma …belum cukup lah! Pokok masalah adalah… duit yang dibawa pada belum abis! He…he..he…peace para ibu2… jangan ngambek ama gue yaa. Ntar diajak tour lagi deh.

Pada fragmen yang lain, Binky, Dewi Anggraini dan Dhay (Linda Wahyudi), mereka cuma taroh belanjaan oleh2 hasil perburuan selama tour seharian, ke kamar mereka, langsung balik kanan! Eittt!..Kemana sich? Cari oleh2 juga? Bukan!

Mau ke pantai, duduk en ngopi sambil ngobrol. Binky sudah browsed internet dan nemu café yang ok. Ini kan malam Minggu! Kalo di runtut runtut ke beberapa bulan lalu, ini semacam janjian udah lama, bahwa kalo tour nanti kita akan ngobrol ke café deh. Janjian di inbox FB, antara lain acaranya Monang harus nyanyi. .

Gue bilang ke Binky, akan nyusul mereka. Tina jawab ragu2, ternyata sudah ada janjian ama Titta, Fitje en Rosmala! Cuma gue mau ke kamar dulu. Perlu ‘unload’! Berat banget badan gue…..ha…ha… ha ..tahu kan! Kalo adm keuangan, harus balance kan antara pemasukan dan pengeluaran! Ini urusan keluarga...kalo sudah keluar lega!

Cuma udah leyeh2 gini, mau keluar kamar nyusul Binky cs sendiri nggak berani. FYI, kamar yg kita tempati adalah beberapa bungalow2 dan bertingkat. Bukan hotel yg satu building.

Nah untuk ke front office atau mau keluar, kita harus melalui taman2 yang rada gelap buat ukuranku. Gue kan takut gelap! Kebayang kan… jalan sendirian…..Hi i i i ….kalo pas di kegelapan, dekat pohon kamboja tuh ada yang nyengir gimana?? Bukan nyengiran kang bule yg tourist Amrik or Ostrali, … tapi itu…another world…kabuuur.!
Malam hari pertama disana aja, Joenoes yg kamarnya di sebelah kamar ku teriak2 ke orang di bawah. “ Oiii…oii… nyalain semua lampu teras dan tamannya! Gelap banget nih!”

Jalan penghubung dari bungalow ke bungalow dari susunan bata, sebagian rompal, kalo kesandung…. gubrakkk! Lha siapa yang mau nolongin…. Sepiiii! Aduh mau ke café nih!!

Binky sms dua kali.. antara lain isinya ” Nice place Da. Dengerin ombak!”  Duh… gue mauuuu! Binky bales lagi sms ku ” Ayuh atuh dtg kesini. Enak Da, lemon grass tea nya”
Ya ampuuun…tawarannya menggiurkan banget! Mau telpon Monang, nggak punya no.hp dia! Untung… ternyata ada sms masuk ke hpku, malah dari Monang! Nanyain apa gue udah tidur? Apa mau keluar bareng? Dia mau keluar sama Lubis. Finally, berangkatlah kita bertiga menyusul Binky Cs. Tempatnya Café Alberto, Senggigi Beach.

Sebetulnya pihak café bisa jemput, tapi mobilnya dilarang masuk ke halaman hotel Senggigi Beach. Itu aturannya, dan ada aparat penegak hukumnya.. he…he para Satpam yang berseragam biru itu! Mana mereka kemana mana bawa pentungan dan HT pula. Wibawa banget deh pokok nya ! Biasanya kalo di hotel2 Jkt , kan mas2 security pakai safari atau batik, biar lebih simpatik dan memberikan rasa aman yang nyaman. Yang ini pakai seragam komplit dgn sepatu boot, kaya ngawasin buruh pabrik garments deh! Nggak ketinggalan pentungan kayu bercat hitam dan HT. Mana ngomongnya nggak alusan. Sensi deh ama mereka nih. Kok aturan gini nggak kompak yaa sesama pelaku usaha wisata? Kan ini salah satu upaya untuk membuat turis betah di hotel elo, hai para pengusaha…. Saling dukung kan lebih baik….Yaaa gitu sech!

Ada aturan gitu, kami bertiga males ah negosiasi. Kami jalan aja keluar kawasan hotel… mau cari taxi or Cidomo . Cidomo itu ternyata singkatan kata Cikar untuk angkur barang, delman untuk angkut orang dan motor lho. sedangkan motor, karena alat transportasi ini pakai roda dari ban mobil (bekas dong). Menurut petugas front office, kalo naik taxi Bluebird ke café Alberto, ongkos sekitar Rp.10.000,- -Rp.15.000,- Kalo naik Cidomo? Tanya sendiri ya Bu!

Persis jalan keluar hotel kami menemukan satu Cidomo dgn kusirnya. Mulai lah Lubis minta antar ke café itu.. Penawaran pertama dari Mang kusir Rp.70.000,-. Haah… Lubis bengong! Gue mulai towel2 Monang, naik taxi aja yuuk! Tapi Lubis lagi pengen naik Cidomo! Ya udah…. . Tarik….Mang!

Sambil duduk di Cidomo, kami hitung berat badan, total sama Mang Kusir Cidomo, kira2 200 an kg (gue 56 kg, Lubis + Monang 150 kg, Kusir sisanya). Berat Bo! Kasian deh si kuda! Perjalanan sudah kira 1 km, jalanan mulai menanjak. Gue udah ngeri!.... Nah ini dia… rasa bela pati dan tenggang rasa Lubis muncul. Maklum wakil rakyat!

Buru … buru Lubis turun dari Cidomo! Dia bantuin Mang Kusir dorong cidomo. Monang dilarang Lubis turun…atau belum sempat turun… gue lupa. Lumayan lah upaya Lubis, membantu dorong itu… ada kira dua ratus meteran lebih. Kedengeran sih nafas Lubis ngos ngos an juga. Lalu begitu jalan agak mulai menurun… mang kusir menahan laju kuda. Lubis masih berdiri disamping cidomo sambil tolak pinggang, atur nafas. Ya.... mulai...Tarik nafas lewat hidung.....tahan dalam hitungan 8 ...yaa... lepaskan, buang nafas lewat mulut.... (salah ya... emang lagi yoga!)
Beberapa mobil dan taxi melintasi cidomo kita. Lalu Lubis tanya sama mang kusir, barengan ngomongnya ama Monang!
“ Café Albertonya dimana sih?” Sebenarnya gue juga mulai nggak sabar…… abis jalanan agak gelap gelap gimana gitu.

Dengan kalem tapi pasti mang kusir Cidomo nyahut dong. “ Itu di depan” katanya sambil mata kita mengikuti arah telunjuknya.
“ Ya ampunnnnn! Ya amploppp!” Kirain masih jauh, ternyata cafenya persis seberang Cidomo kita berhenti! Tinggal nyebrang aja beberapa langkah, sampai deh. Pantesan mang kusir berhentiin langkah kuda! Kirain suruh Lubis naik lagi untuk melanjutkan perjalanan!  Lha…Lubis gimana dong! Kasiaann.., udah capek dorong2, belum sempat menikmati enaknya naik cidomo lagi… udah nyampe! Dia pula yang bayar! Ha…ha…ha…. Maaf ya Cok!

Ini jadi bahan obrolan kita di café setelah bergabung dengan Binky, Dewi dan Dhay., serta rombongan berikut yang juga bergabung. Anton dan Susi, Arief, Ayi, Denny, Djokodan Hamdan.
.
Ngobrol ngalor ngidul yang ringan ringan asyik juga. Binky udah ingatkan bahwa café buka sampai jam 12 malam aja. Cafenya memang asyik, luas, ombak terdengar dan agak terang jadi ngobrol asyik lah. Bersih pula... buat nongkrong asyik deh.Ditambah beberapa makanan dan minuman, kita agak lupa waktu juga. Yaah kira kira lewat lah 5-10 menit dari jam 12.00 tuh. Tiba2 pet!! Liistrik padam!
Spontan Susy dan aku nyeletuk: “ Ya… kita udah di usir tuh” Djoko langsung nyalakan hpnya agak wajah2 kita terlihat. Sebentar kok padamnya, lalu lampu menyala kembali. Rupanya hanya isyarat dari pengelola café, bahasa symbol yang mereka kira lebih sopan!

Masa sih nggak bisa bilang aja sama customers langsung! Datangi aja meja kita.
“ Pak , Bu, selamat malam! Maaf kami sudah waktunya tutup. Terima kasih untuk kedatangan kalian hari ini. Mohon datang kembali. Thank you, Arigatou gozaimashita, hamsanida, hatur nuhun… apalah gitu! Barangkali ucapan sepertin ini akan muncul kalo kita datang lagi pada tour yang akan datang. Saat Pemda atau dinas Pariwisata sudah berhasil 'memoles' sikap pelaku usaha wisata ini agar siap bersaing dengan tujuan wisata lainnya. Agar lebih 'menjual dan PR style gitu" Yogya atau Bali.

Itu sekelumit catatan jalan jalan bersama teman Alumni FISIP UI ke Lombok, 1-2 Oktober 2010.

Salam,
Ida
· · Share · Delete


    • Setiowati Hoetomo ha...ha... lucu ceritanya... aku bisa bayangin wajah bang Ucok yang megap2 kehabisan nafas... :) piis bang... :)>
      October 21, 2010 at 9:45pm ·

    • Anton Natakoesoemah
      Ingat cidomo ingat alberto maka tak akan lupa harus turun jelang tanjakan krn beban yg berat unk kuda ...saat turunan kuda rada berontak waduh... Tapi pas memang dgn seberang cafe ... Di cafe yg top bgt suasana dan makanannya wouw pizza tono. +pancake pisang istilahnya top markotop dah ... Eehh akhirannya dibayarin sama binky pula.. Duh duh itu malam nikmat bener rasanya makasih binky. Udah traktir.... Pulang naik armada cafe model kendaraan satpol pp di jkt... Asyik dah ... Malam minggu yg manis kenangan yg tak terlupakan .....

      October 21, 2010 at 9:58pm via Facebook Mobile · · 1 person

    • Ida Syahranie Bener Ton... makanya ini jadi note pembuka. Terkenang kenang, rame ngobrolnya. Makasih Bink untuk ide ngumpul dan traktirannya.
      October 21, 2010 at 10:09pm ·

    • Binky Suparto Sama2 ... it was my pleasure. Justru kejadian yang kayak gini yang dikenang terus, jadi bumbu cerita yang nempel di otak, karena perpaduan pengalaman fisik, rasa, emosi ....
      October 21, 2010 at 10:19pm ·

    • Rosmaladewi Mustofa Duh bu...ternyata banyak yang mau minta cincin mutiara ku yg dinego di kamar Fitje....ga deh !
      October 21, 2010 at 10:34pm ·

    • Olga Schmitz du Moulin Seru amattt.......thanks for sharing..........
      October 22, 2010 at 12:41pm ·

    • Kusumastuti Sumarno Setiap tour pasti ada cerita mengesankan yg diperankan oleh Lubis......berarti dia harus ikut terus kalo tour: "maskot tour 76"......
      October 22, 2010 at 12:49pm ·

    • Kusumastuti Sumarno Thank you for sharing
      October 22, 2010 at 12:50pm ·

    • Binky Suparto Ya betul pengamatan Tuti .... Lubis harus terus ikut tour2 kita .... supaya muncul cerita2 kayak gini.
      October 22, 2010 at 5:26pm ·


Tidak ada komentar:

Posting Komentar